Makalah Kasus Perilaku Konsumen

ANALISIS PENGARUH LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE

1 Latar Belakang       

      Dari dulu makanan yang paling praktis, cepat dan enak adalah mie instant, dan semua orang pasti menyukai mie instant dari yang goreng, soto, kari dll. Dan sejak didirikan  sekitar tahun 1982 oleh Sudono Salim, produk INDOMIE tetap nomor satu di hati para konsumen Indonesia sampai sekarang. Karena citarasa dan kepercayaan konsumen sejak dulu sampai sekarang terhadap produk INDOMIE,setiap orang yang ingin membeli mie instant di warung, minimarket ataupun supermarket pasti yang menjadi pilihan pertama dan yang dicari oleh konsumen adalah merek INDOMIE.


    Harga yang cukup ekonomis, rasa yang bervariasi dan cara penyajiaan yang praktis membuat para konsumen Indonesia yang ingin pergi ke luar negeri pun pasti tak lupa membawa beberapa bungkus INDOMIE untuk stok selama tinggal di negeri orang. Walaupun pendistribusiaan produk INDOMIE sudah ke luar negeri juga tapi hanya beberapa negara di bagian Asia, Afrika, Amerika dan Eropa. Jadi, bagi warga Indonesia yang ingin membeli INDOMIE di luar Indonesia agak susah karena INDOMIE belum  ke seluruh dunia mendistribusikan produknya.

2. Perumusan Masalah

      Dari latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Faktor apa saja yang membuat para konsumen selalu mencari merek Indomie saat membeli mie instant?


3. Analisis Masalah
Harga Indomie yang ekonomis dan cita rasanya yang telah disesuaikan dengan selera Indonesia membuat produk mi instan ini sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan, tidak jarang warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai dengan selera Indonesia. cara penyajian yang praktis dan mudahnya pendistribusian membuat Indomie menjadi andalan warga Indonesia saat terjadi tragedi bencana alam untuk mengatasi masalah keterbatasan dan kelangkaan bahan pangan di lokasi dengan segera. Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan bergizi oleh produsennya, karena produk mi instan ini memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, pantotenat, mineral besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A,C, B1, B6, dan B12. tapi,bagaimanapun, konsumsi Indomie/mie instant secara frekuentif tidak dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Faktor-Faktor Masyarakat memilih Indomie :

 1. Efisiensi
Dalam segi Keefisiensian mie instant merupakan makanan yang praktis, mudah dalam proses memasak juga dalam proses penyajiannya. Bumbu yang dibutuhkan pun sudah ada didalamnya dengan takaran yang sesuai hingga menghasilkan rasa yang pas dan enak. Dan salah satunya terdapat di merek Indomie walaupun di merek-merek mie instant lainnya juga seperti itu.

 2. Waktu
Dari zaman Orang Tua kita hingga anaknya besar dan mungkin bahkan sudah menikah sekarang , mereka tetap memilih produk Indomie dalam membeli mie instant karena sudah terpercaya rasa dan kualitasnya. Walaupun beberapa tahun yang lalu Negara luar sempat menarik produk Indomie dari Negara mereka tapi konsumen Indoenesia tetap memilih produk Indomie.

      3. Budaya
Faktor Budaya di Indonesia yang mengidentikkan Indomie sebagai trademark mie instant. Setiap kali konsumen ingin membeli mie instant pasti konsumen selalu berkata “Ibu beli Indomie nya satu “ kata-kata itu selalu yang diucapkn konsumen , meski stock Indomie di warung tersebut habis pasti konsumen selalu menyebutkan kata Indomie terlebih dahulu setiap membeli mie instant.

      4. Keluarga
Faktor Keluarga turun temurun dalam memilih mengkonsumsi Indomie sebagai mie instat nya juga mempengaruhi alasan mengapa masyarakat memilih Indomie samapi sekarang, karena sudah percaya akan kualitas dan rasa nya yang tidak berubah sampai sekarang.
4. Kesimpulan

a.       Indomie merupakan salah satu merek mie instant yang popular dan dikenal luas oleh masyarakat. Merek ini mudah diingat oleh masyarakat di banding merek yang lain.

b.      Keunggulan suatu produk memang menjadi factor determinan kedua yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Kualitas bumbu dan mie Indomie diakui cocok dengan selera orang Indonesia. Variasi rasa, cara memasak yang praktis, dan kemudahan Indomie untuk dipadukan dengan aneka sayur, daging, dan kerupuk menjadi keunggulan yang mempengaruhi loyalitas masyarakat.


c.       Loyalitas konsumen terhadap produk Indomie tidak berarti mereka mengabaikan merek lain. Ketika produk Indomie tidak tersedia mereka akan mengganti dengan rpoduk lain yang sejenis meskipun berbeda merek.



5. Saran

Jangan pernah mengubah suatu kebudayaan terutama dalam bidang kuliner, karena setiap wilayah mempunyai perbedaan budaya setiap sajian kulinernya. Beberapa aspek penting seperti keadaan pribadi harus juga diperhatikan dengan membuat harga jual yang tidak terlalu mahal. Kemasan yang menarik bukan berarti konsumen akan termotivasi dalam membeli produk, tetapi nilai kepuasan penggunaan produk konsumsi Indomie yang harus lebih diperhatikan.




Komentar