Makalah Kasus Perilaku Konsumen
ANALISIS PENGARUH LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN PRODUK INDOMIE
1 Latar Belakang
Dari dulu makanan yang paling praktis, cepat dan enak adalah mie instant, dan
semua orang pasti menyukai mie instant dari yang goreng, soto, kari dll. Dan
sejak didirikan sekitar tahun 1982 oleh Sudono Salim, produk INDOMIE
tetap nomor satu di hati para konsumen Indonesia sampai sekarang. Karena
citarasa dan kepercayaan konsumen sejak dulu sampai sekarang terhadap produk
INDOMIE,setiap orang yang ingin membeli mie instant di warung, minimarket
ataupun supermarket pasti yang menjadi pilihan pertama dan yang dicari oleh
konsumen adalah merek INDOMIE.
Harga
yang cukup ekonomis, rasa yang bervariasi dan cara penyajiaan yang praktis membuat
para konsumen Indonesia yang ingin pergi ke luar negeri pun pasti tak lupa
membawa beberapa bungkus INDOMIE untuk stok selama tinggal di negeri orang.
Walaupun pendistribusiaan produk INDOMIE sudah ke luar negeri juga tapi hanya
beberapa negara di bagian Asia, Afrika, Amerika dan Eropa. Jadi, bagi warga
Indonesia yang ingin membeli INDOMIE di luar Indonesia agak susah karena
INDOMIE belum ke seluruh dunia mendistribusikan produknya.
2. Perumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dapat dirumuskan masalah
sebagai berikut :
1. Faktor
apa saja yang membuat para konsumen selalu mencari merek Indomie saat membeli
mie instant?
3. Analisis
Masalah
Harga
Indomie yang ekonomis dan cita rasanya yang telah disesuaikan dengan selera
Indonesia membuat produk mi instan ini sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan,
tidak jarang warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa
Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai
dengan selera Indonesia. cara penyajian yang praktis dan mudahnya
pendistribusian membuat Indomie menjadi andalan warga Indonesia saat terjadi
tragedi bencana alam untuk mengatasi masalah keterbatasan dan kelangkaan bahan
pangan di lokasi dengan segera. Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan
bergizi oleh produsennya, karena produk mi instan ini memiliki berbagai
kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, pantotenat, mineral
besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A,C, B1, B6, dan B12.
tapi,bagaimanapun, konsumsi Indomie/mie instant secara frekuentif tidak
dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik untuk
kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.
3. Faktor-Faktor Masyarakat memilih Indomie :
1. Efisiensi
Dalam segi Keefisiensian mie instant merupakan makanan yang
praktis, mudah dalam proses memasak juga dalam proses penyajiannya. Bumbu yang
dibutuhkan pun sudah ada didalamnya dengan takaran yang sesuai hingga
menghasilkan rasa yang pas dan enak. Dan salah satunya terdapat di merek
Indomie walaupun di merek-merek mie instant lainnya juga seperti itu.
2.
Waktu
Dari zaman Orang Tua kita hingga anaknya besar dan mungkin
bahkan sudah menikah sekarang , mereka tetap memilih produk Indomie dalam
membeli mie instant karena sudah terpercaya rasa dan kualitasnya. Walaupun
beberapa tahun yang lalu Negara luar sempat menarik produk Indomie dari Negara
mereka tapi konsumen Indoenesia tetap memilih produk Indomie.
3. Budaya
Faktor Budaya di Indonesia yang mengidentikkan Indomie
sebagai trademark mie instant. Setiap kali konsumen ingin membeli mie instant
pasti konsumen selalu berkata “Ibu beli Indomie nya satu “ kata-kata itu selalu
yang diucapkn konsumen , meski stock Indomie di warung tersebut habis pasti
konsumen selalu menyebutkan kata Indomie terlebih dahulu setiap membeli mie
instant.
4. Keluarga
Faktor Keluarga turun temurun dalam memilih mengkonsumsi
Indomie sebagai mie instat nya juga mempengaruhi alasan mengapa masyarakat
memilih Indomie samapi sekarang, karena sudah percaya akan kualitas dan rasa
nya yang tidak berubah sampai sekarang.
4.
Kesimpulan
a.
Indomie
merupakan salah satu merek mie instant yang popular dan dikenal luas oleh
masyarakat. Merek ini mudah diingat oleh masyarakat di banding merek yang lain.
b.
Keunggulan
suatu produk memang menjadi factor determinan kedua yang mempengaruhi loyalitas
konsumen. Kualitas bumbu dan mie Indomie diakui cocok dengan selera orang
Indonesia. Variasi rasa, cara memasak yang praktis, dan kemudahan Indomie untuk
dipadukan dengan aneka sayur, daging, dan kerupuk menjadi keunggulan yang
mempengaruhi loyalitas masyarakat.
c.
Loyalitas
konsumen terhadap produk Indomie tidak berarti mereka mengabaikan merek lain.
Ketika produk Indomie tidak tersedia mereka akan mengganti dengan rpoduk lain
yang sejenis meskipun berbeda merek.
5. Saran
Jangan pernah
mengubah suatu kebudayaan terutama dalam bidang kuliner, karena setiap wilayah
mempunyai perbedaan budaya setiap sajian kulinernya. Beberapa aspek penting
seperti keadaan pribadi harus juga diperhatikan dengan membuat harga jual yang
tidak terlalu mahal. Kemasan yang menarik bukan berarti konsumen akan
termotivasi dalam membeli produk, tetapi nilai kepuasan penggunaan produk
konsumsi Indomie yang harus lebih diperhatikan.
Komentar
Posting Komentar